Pengalaman Seleksi PPA BCA 2021 (four5second)

 


PPA/PPTI BCA (wwww.slideshare.net)

Halo teman-teman! Apa kabar nih? Semoga sehat selalu, keep clean and sanitize guys! Sesuai dengan judul, di sini aku mau sharing tentang pengalamanku dalam mengikuti seleksi beasiswa PPA/PPTI BCA nih. Sebelum aku sharing pengalamanku, sepertinya kurang lengkap kalo aku gak jelasin dulu tentang beasiswa ini.

Jadi, Beasiswa PPA/PPTI BCA merupakan sebuah beasiswa yang disediakan oleh BCA sebagai bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. Program ini berlangsung selama 30 bulan dan bertempat di BCA Learning Institute, Sentul. Beasiswa ini mempunyai dua bentuk program dengan jurusan yang berbeda yaitu:

  • Program Pendidikan Akuntansi (PPA);
  • Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI).                             
  • *kuota bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebutuhan dan ketentuan dari pihak BCA
  • *edited: PPA sekarang berganti nama menjadi PPBP (Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan) 

BCA Learning Institute(https://www.constructionplusasia.com/id/bca-learning-institute/)

Pasti kalian juga bertanya-tanya, apa aja sih yang kita dapat dari program ini? Dan benefit apa aja yang akan kita peroleh? Nah, jawabannya adalah sangat banyak. PPA/PPTI BCA merupakan beasiswa dengan paket komplit. Berikut adalah benefit yang akan kita dapat dari PPA/PPTI BCA:

  • Disediakan buku pelajaran sepanjang program pembelajaran berlangsung dan beberapa alat penunjang program. Kalkulator Scientific (khusus untuk PPA) dan laptop (khusus untuk PPTI).
  • Biaya pendidikan gratis (full) dan mendapatkan uang saku bulanan
  • Mendapatkan kesempatan magang dan penawaran kerja di BCA
  • Mendapatkan makan siang selama program berlangsung
  • Disediakan Dormitory (bisa dicek di instagram @rumahtalentabca) dan Shuttle Bus

Benar-benar menarik kan? Eits tapi jangan salah, beasiswa ini memang memiliki benefit yang cukup banyak begitu juga dengan tahapan seleksinya. Nih, aku kasih tahu tahapan seleksi PPA/PPTI BCA:

SEBELUMNYA (OFFLINE)

  1. Seleksi Administrasi
  2. Tes Online
  3. Psikotes
    • Psikotes 1 (akademik)
    • Psikotes 2 (kepribadian)
  4. Interview 1
  5. Interview 2
  6. Medical Check Up

PPA/PPTI BCA 2021

  1. Seleksi Administrasi
  2. Tes Online
  3. Psikotes IFO
    • Psikotes online
    • Interview dengan pihak vendor (IFO)
  4. Interview 1 BCA
  5. Interview 2 BCA
  6. Medical Check Up
*terdapat perbedaan tahapan seleksi antara tahun-tahun sebelumnya dengan tahun ini karena pandemi

Cukup banyak kan tahapannya? Tapi itu semua sebanding dengan apa yang akan kita dapat nantinya sih. Dan perlu digarisbawahi bahwa setiap tahapan di atas berlaku sistem gugur sehingga jika gagal di salah satu tahap maka tidak bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

Jadi, inilah penjelasan singkat aku terkait program ini. Jika teman-teman tertarik untuk mendaftar dan ingin tahu tentang syarat-syarat lebih lanjut terkait PPA/PPTI BCA bisa akses website https://karir.bca.co.id/beasiswa-bca

Karena aku ikutnya seleksi PPA/PPTI BCA untuk tahun 2021, aku hanya bisa sharing terkait pengalamanku. Karena semua yang aku tulis di sini  murni berdasarkan apa yang pernah aku alamin dan ikutin.

SELEKSI ADMINISTRASI

Pada saat itu, aku baru saja menerima rapor kenaikan kelas XI ke kelas XII pada bulan Juni 2020. Aku memang berniat untuk mendaftar PPA/PPTI BCA sedari beberapa bulan sebelumnya karena itu aku langsung menghubungi salah seorang alumniku yang memang sudah diterima di PPA BCA. Alumniku memberi saran kepadaku untuk segera mendaftarkan diri di PPA BCA setelah aku mendapatkan nilai semester keempat.

Akhirnya, aku memutuskan untuk mendaftar satu minggu setelahnya tepat pada tanggal 29 Juni 2020. Dan seingatku tampilan website BCA terkait form nilai pada pendaftaran PPA/PPTI BCA kala itu masih berbentuk file excel. Namun BCA sudah memperbarui website dan form pendaftaran sehingga lebih mudah untuk diisi.

E-mail setelah pendaftaran berhasil dilakukan

TES ONLINE

E-mail Undangan Asesmen/Tes Online

Setelah menunggu satu minggu, e-mail itu akhirnya aku dapatkan. Dan di e-mail itu tercantum juga detail materi yang harus aku pelajari dan informasi login untuk tes online. Pada saat itu, aku mendapatkan rentang waktu pengerjaan selama tiga hari dan aku memutuskan untuk mengerjakannya di hari pertama karena memang aku anak sibuk gais ((sombong amat wkwk)) sehingga aku cuman punya waktu di esok hari untuk mengerjakan tes online.

Sejujurnya aku merasa soalnya gak terlalu sulit cuman waktunya memang sangat terbatas, jadi memang harus kejar-kejaran sama waktu. Meskipun waktunya terbatas, aku mengusahakan semua soal terisi walaupun ada beberapa soal yang aku ngasal karena memang ga sempet ngitung hehehe.

NOTES:

  • Jika kalian sedang di tahap ini, aku sarankan kalian memilih waktu pengerjaan di saat kondisi kalian benar-benar prima agar bisa mengerjakan tes online dengan maksimal.
  • Teruntuk kalian yang bingung contoh soal dari tes online bagian Numerical, kalian bisa coba latihan soal TPA Numerical karena menurutku tipikal soalnya mendekati seperti itu.
  • Tes Online memiliki waktu yang relatif singkat namun usahakan tetap mengisi semua soalnya. Setahuku tes online itu tidak memiliki bobot nilai minus sehinga kalo kalian terpaksa ngasal, masih aman gais.

PSIKOTES ONLINE

Setelah tes online, aku benar-benar menunggu informasi terkait tahapan selanjutnya yang tak kunjung datang. Sampai pada awal Oktober aku mendapatkan informasi bahwa psikotes akan diadakan secara online dan aku mendapatkan jadwal beberapa hari setelah aku mendapatkan informasi tersebut.


E-mail undangan psikotes online

Aku benar-benar senang sekaligus sedikit kaget karena jadwalnya sudah cukup dekat sementara persiapanku belum cukup matang terkait materi-materi psikotes. Sejujurnya aku sudah belajar materi psikotes, namun itu hanya pada awal setelah aku mengikuti tes online. Karena aku menunggu terlalu lama aku jadi belum mematangkan persiapanku kala itu.

Akhirnya hari itu tiba. Satu hari sebelumnya aku meminta izin kepada wali kelasku untuk tidak mengikuti dan meminta tugas yang aku bisa susul nantinya di mata pelajaran esok hari karena psikotes mulai jam 8 pagi.

Aku cukup gugup karena sistem psikotes online mengharuskan kita untuk melakukan google meet bersama teman-teman yang jadwalnya sama dan didampingi oleh observer dari pihak IFO. Pada saat psikotes belangsung, awalnya aku sedikit kaget karena waktunya benar-benar singkat, bahkan lebih singkat daripada saat tes online. Tapi aku mencoba fokus dan berusaha untuk mengerjakan soal psikotes dengan semampuku. Jujur saja karena keterbatasan waktu, beberapa soal psikotes tidak terjawab dan karenanya aku merasa bahwa pada saat itu sepertinya aku akan gagal ((udah hopeless wkwk)).

Psikotes selesai pada pukul 11 siang, dan observerpun mengatakan bahwa pengumuman peserta yang lolos ke tahap selanjutnya akan diberitahukan langsung pada pukul 12 siang. Akhirnya aku menunggu satu jam dengan keadaan pasrah karena berpikir bahwa aku kurang maksimal dalam pengerjaan psikotes sebelumnya. Aku juga sempat mengalami trouble server pada saat tes kepribadian yang menyebabkan aku keluar paling telat dibandingkan teman-teman yang lain.

Aku hanya bisa mengatakan "yaudahlah." Benar-benar pasrah dan hanya bisa berdoa bahwa apapun hasilnya adalah jalan yang terbaik untukku.

NOTES:

  • Jika kalian baru selesai tes online dan sedang menunggu tahapan psikotes, aku menyarankan kalian untuk berlatih dalam menghadapi soal psikotes secara berkala agar bisa memperlancar kalian pada saat proses pengerjaan soal nantinya.
  • Ada beberapa bentuk test yang aku ingat pada psikotes online, yaitu sebagai berikut:
    • Figural (Pola gambar, perbedaan dan persamaan gambar)
    • Deret Angka
    • Analisis Wacana (disediakan sebuah wacana nanti soalnya berbentuk pernyataan, kita dituntut untuk menentukan nilai pernyataan tersebut antara 'Benar' / 'Salah' / 'Tidak Diketahui'.
    • Analisis Pertidaksamaan Variabel (disediakan pertidaksamaan, nanti soalnya berbentuk kesimpulan dari pertidaksamaan tersebut dan kita dituntut untuk menentukan nilai kesimpulan tersebut antara 'Benar' / 'Salah' / 'Tidak Diketahui'. *Contoh: a < b < c kesimpulan: a > c maka nilai kesimpulan: Salah
    • Tes Kepribadian
    • Menggambar orang
    • Menggambar Pohon
  • Selain materi, kalian juga harus mempersiapkan mental kalian. Kerjakan soal dengan tenang dan usahakan jangan panik
  • Tips yang terakhir untuk tahap ini, siapkan cadangan device atau jaringan. Ini benar-benar penting untuk mengantisipasi berbagai masalah teknis yang terjadi pada saat pengerjaan psikotes online ini.

INTERVIEW IFO (VENDOR)

Aku menunggu satu jam setelah psikotes dan kepalaku merasa pusing karena menatap layar laptop selama 3 jam non-stop. Pada pukul 12 siang, akhirnya pengumumanpun diberitahukan via WhatsApp melalui grup yang memang sebelumnya sudah dibentuk oleh pihak vendor satu hari sebelum psikotes dimulai.

Karena aku sudah merasa pasrah, aku sedikit malas membuka pengumuman itu. Toh, aku berpikir aku sudah gagal saat itu. Namun, ternyata aku lolos dan mendapatkan sesi interview yang pertama pada pukul 1 siang. Aku senang meskipun ada rasa gugup yang aku rasakan juga karena berarti aku hanya memiliki waktu persiapan kurang lebih 1 jam saja.

Pada akhirnya, aku masuk ke link meet dengan interviewerku kala itu 5 menit sebelum jadwal. Aku menunggu cukup lama bahkan lebih dari waktu yang ditentukan, namun interviewerku belum datang juga. Setelah aku menunggu beberapa lama kemudian, interviewerku akhirnya muncul.

Sesi interview berlangsung tidak cukup lama, sekitar 30 menit. Pertanyaannya seputar diri dan sekolah. Interviewer juga menginfokan bahwa tahapan selanjutnya akan diumumkan paling lama 1 bulan.

NOTES:

  • Persiapkan mental kalian dan usahakan tidak gugup saat menjawab
  • Selama aku SMA, aku belajar Public Speaking yang ternyata sangat berguna pada saat sesi interview. Dalam public speaking kalian harus memperhatikan 3 aspek, yaitu:
    • Manners (etika pada saat kalian menjawab harus sopan, usahakan badan tegak, dan tatapan mengarah pada layar/langsung ke interviewer).
    • Metode (dalam menjawab pertanyaan lebih baik disertai dengan gesture tubuh yang baik namun tidak berlebihan, begitupula dengan pemilihan kata yang diucapkan [aku pribadi memilih penggunaan kata yang tidak terlalu baku namun tetap sopan]).
    • Materials (untuk aspek ini, dalam sesi interview sebenernya gak ada materi yang harus kalian pelajari karena semua pertanyaan itu berkaitan tentang diri sendiri. Kalian hanya harus jujur sih intinya).

INTERVIEW 1 BCA

Setelah interview IFO, aku sangat menunggu-nunggu kabar selanjutnya, hampir setiap hari aku mengecek e-mailku namun undangan itu tak kunjung datang. Dan ada kejadian unik pada masa penantian itu. Aku tidak tahu bahwa teman kelasku sekaligus sekretaris umum di OSISku juga mengikuti seleksi untuk PPA BCA.

Mengetahui hal itu, aku benar-benar senang karena merasa akhirnya aku punya teman seperjuangan. Aku dan dia pun mulai berbincang di line. Yang aku ketahui, ia sudah mendapatkan e-mail undangan Interview 1 BCA yang terjadwal di esok hari.

Keesokan harinya, temanku itu mengikuti sesi interviewnya dan memberikan gambaran kepadaku bagaimana sesi itu berlangsung. Temanku itu sangat baik dan sejujurnya aku berharap bahwa kita bisa sama-sama lolos sampai akhir.

Namun, kenyataan berkata lain. Temanku memberitahuku bahwa ia mendapatkan e-mail yang berisikan pernyataan bahwa ia harus berhenti pada tahap itu di hari yang sama setelah ia melakukan sesi interview. Dan pada saat itu, aku sangat terpukul. Rasanya, aku baru saja senang bahwa ada orang yang aku kenal berjuang bersamaku di seleksi ini dan aku sangat menaruh harapan bisa menjalani program ini bersama dengannya. Namun ternyata semesta gak sebaik itu.

Meskipun begitu, temanku itu tetap memberiku support dan itu justru yang membuat hatiku sedikit teriris. Aku sangat berterimakasih kepada temanku itu. Aku hanya bisa mendoakan yang terbaik untuknya.

Setelah kejadian itu,  aku menunggu cukup lama dan lagi lagi aku pasrah dan kembali berpikir sepertinya aku akan gagal sebelum interview satu BCA. Karena sudah dua minggu aku menunggu namun belum ada kabar apapun, padahal temanku mendapatkan e-mail hanya dalam waktu 5 hari setelah Interview IFO. Tapi, beberapa hari setelahnya aku dikagetkan oleh notif e-mailku yang ternyata berisikan undangan Interview 1 BCA. Dengan kata lain, aku mendapatkan undangan tersebut 20 hari setelah aku interview IFO.

E-mail Undangan Interview 1 BCA

Aku menjalani sesi interview itu kurang lebih sekitar 45 menit. Interviewerku di sesi ini merupakan orang yang sangat ramah sehingga aku merasa seperti ngobrol dibandingkan wawancara hahaha. Beberapa poin pertanyaan yang aku ingat di interview ini seperti:

  • Mengapa kamu mendaftar PPA BCA?
  • Jika kamu tidak diterima di program ini, apa yang akan kamu lakukan?
  • Prestasi apa yang kamu punya selama SMA?
  • Lebih dekat dengan siapa di lingkungan keluarga?
  • Cara belajar kamu seperti apa?
  • Berapakah teman dekat yang kamu miliki?
  • Bagaimana cara kamu membagi waktu antara organisasi dengan kewajiban kamu sebagai pelajar (belajar)?
  • Bagaimana cara pembagian tugas dalam kelompokmu apabila ada tugas kelompok?

Intinya pertanyaan di sesi ini menekankan tentang kepribadian, latar belakang keluarga, dan hal-hal spesifik dari diri kita masing-masing.

NOTES:

  • Sama halnya dengan interview sebelumnya, di interview ini butuh persiapan mental dan ketenangan
  • Perhatikan Manners dan Metode kalian pada saat menjawab pertanyaan
  • Jujur adalah kunci utama, karena setahuku BCA sangat menjunjung tinggi kejujuran
  • Meskipun pada saat interview suasananya santai, kalian jangan lengah dan bertindak ceroboh. Karena Interviewer adalah orang yang berpengalaman di bidangnya sehingga pastinya interviewer memiliki caranya sendiri untuk mengalihkan fokus kalian sehingga bisa dijadikan salah satu bentuk tolak ukur terhadap kemampuan diri kalian.
  • Pertanyaan yang akan disampaikan itu relatif dan berbeda tergantung interviewer dan diri kalian masing-masing sehingga kalian jangan terlalu berpatokan kepada pertanyaan baku yang telah kalian siapkan.

INTERVIEW 2 BCA

Sebelas hari setelah aku interview pertama, akhirnya aku mendapatkan undangan interview 2 BCA.

E-mail Undangan Interview 2 BCA

Sebelum sesi interview dimulai, aku benar-benar merasa gugup karena interview ini merupakan tahapan penting dan penentu bahwa aku lolos ke Medical Check-Up atau tidak. Sebelumnya aku juga diberikan semangat oleh temanku yang waktu itu. Ia mengingatkanku untuk berdoa dan akupun melakukan itu. Aku berdoa semoga interview kali ini bisa berjalan dengan lancar.

Saat sesi interview berlangsung, aku mengalami masalah jaringan internet namun untungnya aku sudah prepare hotspot yang bisa aku gunakan sewaktu-waktu jika ada masalah seperti ini. Interviewerku juga merupakan orang yang pengertian dan sangat ramah. Beliau memperbolehkan aku untuk mengganti jaringanku terlebih dahulu pada saat kendala itu terjadi.

Durasi Interview ini terhitung lebih lama dari sebelumnya, sekitar 50 menit. Lagi-lagi aku merasa sangat nyaman selama interview karena pertanyaannya tidak jauh berbeda dari interview sebelumnya namun lebih detail. Seperti yang aku katakan sebelumnya, kejujuran adalah hal yang utama dan aku merasa kejujuran itulah yang membuatku tidak kesusahan dalam menjawab pertanyaan selama sesi interview 2 berlangsung.

NOTES:

  • Sekali lagi, aku menyarankan kalian untuk jujur dan apa adanya. Aku sendiri memiliki prinsip bahwa aku hanya perlu jadi diri sendiri, jika aku lolos maka aku sangat bersyukur. Jika aku gagal, mungkin profilku memang tidak cocok dengan BCA.
  • Kalian harus konsisten terhadap jawaban kalian karena interviewer di sesi ini memiliki catatan jawaban kalian di sesi interview 1 BCA sebelumnya. Jika jawaban kalian berbeda, maka bisa saja kalian dianggap berbohong.
  • Di sesi ini, kalian juga dituntut untuk memberikan eksplorasi diri kalian lebih jauh daripada interview-interview sebelumnya sehingga kalian harus mempersiapkan diri untuk built-up question (pertanyaan lanjutan) yang nantinya akan diajukan oleh interviewer.

MEDICAL CHECK-UP

Setelah serangkain tes dan interview, aku menunggu kabar selanjutnya untuk Medical Check Up jika aku dinyatakan lolos dari tahapan sebelumnya. Delapan hari setelah aku interview 2 BCA, aku mendapatkan e-mail undangan Medical Check Up di salah satu Medical Centre daerah Jakarta Selatan.

Adapun serangkaian tes kesehatan, yaitu:

  • Tes Darah;
  • Tes Urine;
  • Tes Buta Warna (untuk PPA tidak mempengaruhi);
  • Rontgen Paru-Paru;
  • Tinggi, Berat Badan;
  • Tekanan Darah, Denyut Nadi;
  • Pengecekan Tato;
  • dan beberapa tes kesehatan pada umumnya.

NOTES:

  • Aku sangat menyarankan kalian untuk banyak minum air putih sebelum MCU, karena hal ini dapat mempermudah kalian pada saat diminta sampel untuk tes Urine.
  • Usahakan jangan tegang dalam seluruh rangkaian tes MCU, karena hal tersebut dapat mempengaruhi hasil nantinya. Pada saat aku MCU, ada salah seorang peserta lain yang terlalu tegang pada saat pengambilan sampel darah sehingga jarum suntiknya tidak bisa mengambil darah peserta itu, alhasil ia harus menenangkan diri terlebih dahulu.
  • MCU merupakan salah satu tahapan seleksi. Meskipun peluang kalian lolos jauh lebih besar daripada sebelumnya, bagaimanapun juga MCU masih bisa menggugurkan peserta . Tapi kalian tenang aja, selama kalian sehat dan gak macem-macem, pasti kalian akan lolos dari tahap ini.

Beberapa hari kemudian tepatnya 3 hari setelah ulang tahunku (di Desember hehehe) dan 9 hari setelah aku MCU, aku mendapatkan telpon untuk konfirmasi penandatanganan perjanjian beasiswa. 

Aku sangat senang, dan gak ada kata-kata lain yang terucap kecuali i'm so grateful. Aku benar-benar bersyukur bisa sampai sejauh ini. Proses seleksi yang cukup panjang rasanya terlupakan mengingat titik yang aku capai saat ini. Aku sangat berterima kasih kepada orang-orang yang selalu mendukung diriku selama seleksi ini berlangsung terutama untuk temanku yang sebelumnya berjuang bersamaku di seleksi ini.Thank u so much!

Aku sangat sadar bahwa perjalananku masih panjang. Tapi aku sudah berjanji pada diriku sendiri, bahwa aku tidak akan mengecewakan siapapun yang telah memberikanku kesempatan dan membantuku hingga berada di titik ini, termasuk diriku sendiri. Aku akan berjuang lebih keras daripada sekarang.

Jadi, begitulah pengalamanku dalam mengikuti seleksi PPA BCA 2021. Selepas aku mengikuti serangkaian seleksi di atas, aku sangat ingin mengapresiasi tim recruitment BCA yang sudah cukup baik dalam melaksanakan proses seleksi di tengah pandemi seperti ini.

Teruntuk teman-teman yang mungkin masih sedang berjuang,
Semangat terus dan bersabarlah, semua hal butuh proses
Selama kalian memberikan yang terbaik 
pasti semua akan baik baik saja

Dan apapun yang terjadi,
Kalian harus percaya bahwa 
Tuhan tidak akan memisahkan sesuatu yang baik
kecuali digantikan dengan yang lebih baik

Kita tidak akan pernah tahu pasti cara kerja semesta
Namun percayalah, bahwa semesta punya rencana

Terima kasih kepada kalian yang telah membaca ini, 
semoga apa yang aku tulis di sini bisa bermanfaat.
salam hangat dan semangat untuk kalian semua!

"Semesta punya caranya sendiri dalam memberi kejutan."

- Four5second - 

Komentar

  1. Permisi kalo mau daftar skrg masih bisakah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih bisa kok, lgsung aja ke web ya kak https://karir.bca.co.id/ppa-ppti

      Hapus
  2. Permisi kak, kebetulan aku juga ikut ppa, apa beneran dibilanh tidak perlu berpuasa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mcu ya? tercantum di email memang tidak perlu berpuasa kok. maaf ya aku baru bisa bales ini hehehe

      Hapus
    2. permisi kak aku mau nanya, tolong beritahu aku tes PSIKOLOGI nya apa aja.. kita disuruh ngapain aja pas google ZOOM. Lalu setelah tes psikologi ada Tes IFO itu soalnya apa aja yang dikeluarkan seperti apa soalnya??

      Hapus
  3. halo kak, mau nanya beberapa hal. tp boleh lewat sosmed gak ?? 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak mohon maaf sebelumnya, ini ko aku cari akunya kak banyak bgt , ciri" Foto profil ya yg mana kak?

      Hapus
    2. Kak Minta Doanya besok rabu saya mau psikotes Dan interview Online semoga diperlancar.... Aamiin

      Hapus
    3. smoga lancar ya bsk, aamiin. semangat

      Hapus
  4. permisi kak izin tanya, kebetulan saya juga masi kelas 12 dan belum USBN, kak untuk IPK Akhir/Nilai Rata-rata itu diisi gmna ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, IPK akhir/Nilai Rata-Rata itu diisi dengan:

      Nilai rata-rata seluruh rapor kamu dari kelas X-XII (jika belum lengkap silahkan masukkan hingga nilai rapor terakhir yang sudah kamu dapatkan aja ya)

      Hapus
    2. permisi kak, nilai rapor terakhir maksudnya nilai pengetahuan semua mapel ya kak?

      Hapus
    3. halo, iya setauku nilai pengetahuan. cmiiw

      informasi panduan pengisian formulir bisa dicek di

      https://karir.bca.co.id/info-artikel/informasi/panduan-pengisian-formulir-beasiswa-bca

      Hapus
  5. Halo kak, saya mau tanya kebetulan kan saya lulusan paket c ya, jadi tidak ada rnilai rapor kelas 1 s/d 3. Apakah lulusan paket c boleh mendaftar PPTI BCA?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak, setauku tidak bisa. karena salah satu persyaratan/kualifikasi untuk mendaftar PPTI BCA adalah menyerahkan nilai rapor. cmiiw

      Hapus
  6. Kak mau tanya kan kemarin abis tes psikotes dan wawancara bareng pihak IFO kk temen temen ku udh dapet email aku blm ya kak, apa itu tanda ga lolos

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, belum tentu. karena aku juga pernah di posisi kamu. jadi tetep tunggu aja email-nya ya, semangat

      Hapus
    2. halo kak prastyo boleh tanya gak tes psikotes dan interview nya gimana? soalnya aku udh dapet undangan buat psikotes dan interview ifo, makasii.

      Hapus
  7. Permisi kak mau nanya berarti klo masih kelas XI kemudian besok waktu kenaikan kkelas XII bisa mendaftar juga ya? Kak sekalian boleh mutualan ig ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak infonya lalu klo semisal kita lolos kan kita masih kelas 12,berarti kita sekolah di bcanya setelah lulus sma kan kak?

      Hapus
    2. iya benar, setelah lulus SMA baru menjalani programnya

      Hapus
    3. Halo Kak!
      Mau tanya, kebetulan adikku lolos untuk interview 2 dan sudah dapat jadwalnya. Namun pas hadir sesuai jadwal, pewawancaranya tidak kunjung accept room nya kakk :( bahkan ditungguin sampai 30 menitan tetep gaada. Kalo memang di reschedule, tapi gada kabar juga huhu :'))

      Hapus
  8. hallo ka mau tanya, saya 3hari kebelakang sudah daftar tp blm dpt email, nunggu nya berapa lama yaa?tp nnti ttp dpt email kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, untuk masalah waktu tunggu itu relatif ya soalnya tergantung dri tim recruitmentnya. jadi tunggu aja, pasti dapet kok

      Hapus
  9. misii kak, mau nanya, kan aku ikut interview 2 tgl 18 feb kmrn ya, tp sampe hari ini blm dpt kabar lg, ktny kl ga lolosnya di tahap" awal emg biasanya ga di email in lg, tp kl uda sampe tahap" akhir ktny psti di email in mau lolos ga lolos.
    Kira" kalo uda sebulan lebih gini, masih ada kemungkinan aku lanjut mcu ga ya kak? aku uda hopeless bgt:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, masih ada kemungkinan kok. temenku interview 2 di awal desember dan baru ditelpon pas februari kemarin dan ditempatkan di posisi cadangan. kemudian 2 hari yg lalu dia dapet kabar klo dia dipindahposisikan dari PPA/PPBP ke PPTI dan skrg dia lagi nunggu penjadwalan MCU.l

      jadi tunggu aja ya kabar selanjutnya, kalo rejeki gak akan kemana. semangat

      Hapus
  10. Permisi kak mau nanya itu kan kuotanya 135 orang nah itu per daerah diambil berapa ya kira kira?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, untuk kuota tahun ini katanya ada perubahan nanun belum dikonfirmasi oleh tim recruitment terkait jumlah pastinya.

      dan untuk masalah diambil berapa di daerahnya itu aku kurang tau ya karena aku bukan tim recruitment hehehe

      Hapus
  11. Terima kasih kak untuk informasinya, semoga lancar selalu ya kak untuk belajarnya di bca, doakan saya bisa menyusul hehe. Salam hangat. 🙏🏻

    BalasHapus
  12. Halo kak. Mau tanya nih. Di medical check up nya kira" tinggi badan ngaruh gak ya kak? Soalnya setau saya kalo urusan perbankan itu, tinggi badan lumayan jd pertimbangan hehehehe mohon jawabannya ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, setauku tinggi dan berat badan gak ngaruh selama kamu sehat. Karena yang terpenting itu adalah kapasitas kesehatan kamu sanggup atau tidak untuk menjalani program dari awal sampai akhir dengan maksimal. cmiiw

      Hapus
  13. kak, kalo misal interview berjalan kurang dari 20 menit gimana ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo begitu balik lagi ke penilaian interviewer masing masing sih, relatif.

      jadi, tenang aja. durasi lebih cepat/lebih lama itu gak ada yang menjamin lolos atau tidak lolos. selama kamu belum dapat kabar maka artinya kamu masih punya kesempatan kok.

      Semangat dan tetap positif dulu ya

      Hapus
  14. kak tes online materi smart ability lto learn itu bentuk soalnya gimana ya kak apa itu pake bhs inggris?bingung mau belajar apa soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, untuk materi 'Ability to Learn' itu bentuk soalnya adalah pola gambar/figural.

      saranku, kamu bisa coba latihan soal tes figural (TIU Figural CPNS), di youtube banyak kok

      Hapus
  15. Kak ijin bertanya, kalau PPA itu ujian nya ada yg menyangkut Akuntansi nya gak?
    Semoga di jawab 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepengalamanku sih tidak ada kok

      By the way, PPA sekarang sudah berganti nama menjadi PPBP (Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan) ya

      Hapus
  16. Halo kak mau tanya, untuk pemilihan kampusnya itu bca punya sendiri atau kita bisa kuliah di kampus lain tapi menggunakan beasiswa bca?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, seperti yg tercantum, proses perkuliahan akan dilakukan di BCA Learning Institute (Senin-Jum'at).

      Jadi, kita gak bisa kuliah di kampus lain sambil menggunakan beasiswa BCA ini (kecuali dengan universitas yg sudah bekerja sama dengan BCA dan tergabung dalam program beasiswa PPBP/PPTI BCA *dan pembelajaran di univ tersebut juga biasanya berlangsung hanya di setiap hari Sabtu). cmiiw

      Hapus
  17. halo kak, lusa aku bakal interview 1 untuk ppti, mau nanya pertanyaan yang menjebak kira2 seperti apa ya kak? Thankyou kakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya menurutku gak ada yg terlalu tricky sih cuman aku akan share yg menurutku bisa ngebuat mikir beberapa saat ya.

      1. Apakah kamu pernah nyontek?
      2. Kan di luar sana banyak sekali beasiswa yang lain, kenapa kamu memilih daftar ke program ini?
      3. Apa kelebihan dan kekurangan kamu?
      4. Apa rencana kamu jika gagal di seleksi beasiswa ini?
      5. Apa yang kamu ketahui tentang program beasiswa ini? Darimana kamu mengetahui tentang hal tersebut?

      tapi selama kamu jujur, pasti bakal ngalir aja dan pasti bisa kok. semangat ya interview 1 nya, semoga lancar

      Hapus
    2. Makasiih kaak balesannya, deg2an bgt iniiii

      Hapus
    3. Kak kalau kita jujur pernah nyontek. Apakah tidak apa2 kak?

      Hapus
  18. Halo kak, mau nanya untuk test yang menggambar itu, apakah nanti kita gambar di kertas seperti A4 lalu ditunjukkan di sesi google meet nya atau nanti dikumpulkan melalui form gitu ? Atau malah kita gambar secara digital yah ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, sepengalamanku kita gambar di kertas A4 dengan pensil HB dan ga boleh dihapus lalu nanti difoto kirim ke WA observer psikotes. Setelah itu, gambar² tersebut diminta untuk dikirim melalui jasa pengiriman (ex: JNE/ si Cepat/ dll) ke alamat vendor yang akan diberitahukan setelah sesi psikotes tersebut berakhir.
      *waktu perngirimannya gak ditentuin cuman harus secepatnya

      Hapus
    2. Terima kasih kakk, oh iya untuk group chatnya itu nanti dari email test psikotesnya kah ?

      Hapus
    3. group chat nya nanti dibentuk sama observernya langsung—biasanya h-1 psikotes

      Hapus
  19. Halo kak, mau nanya untuk tes akademik dan psikotes itu, apakah kakak punya saran file/ buku atau youtube channel sebagai materi belajar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, untuk psikotes kalo aku pribadi waktu itu belajar dari buku 'To the point psikotes' dan menurutku itu cukup lengkap sih latihannya.

      kalo rekomendasi youtube, bisa fokus latihan dengan search keyword 'TIU Figural'. Karena psikotes online pas seleksi PPBP/PPTI 2021 seingetku gak ada hitungan matdas (akademik) —cuman ada pola bilangan doang— sehingga paling banyak, ya, soal figural. Jadi kalo saranku sih kuatin figural dan pola bilangannya.

      Hapus
  20. Halo kak, saya mau bertanya, saya belum buat ktp, apakah nanti kolom nomor ktp bisa diganti dengan nomor kartu identitas yang lain? Terima kasih 🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, kalo kamu belum punya KTP, kolom nomor KTP bisa diisi dengan NIK kamu ya (tertera di Kartu Keluarga)

      Hapus
  21. Hallo kak ,mau tanya kalo buat yg psikotes nya ada yg gambar orang gak?🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, untuk psikotes, iya ada sesi menggambar orang dan menggambar pohon

      Hapus
  22. Hallo kak,kalau boleh tau pohon dan orang yg bagaimana yg harus digambar yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, untuk ketentuan gambarnya seingetku begini:
      *gambar orangnya tidak boleh animasi & stickman.
      * gambar pohon harus yg berkambium.

      untuk ketentuan lebih lanjut nanti akan diinfokan saat psikotes berlangsung kok, jadi tenang aja, pasti akan ada instruksi dari observer

      Hapus
  23. Halo kak saya mau nnya saya minus 4 kira kira saat tes kesehatan bisa ga ya kak? Saya mendaftar PPA

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, di program ini gaada standar maksimum minus mata—jadi, selama kamu sehat gak masalah

      Hapus
  24. Halo kak jika pernah mengikuti namun gagal, apakah bisa mengikuti lagi.Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, jika gagal di salah satu tahap seleksi maka baru bisa mendaftar 2 tahun setelahnya, terhitung dari waktu pendaftaran pertama. (dg catatan : selama masih memenuhi persyaratan usia dll.)

      Hapus
  25. hai kak, saya mau nanya mengenai tes online untuk 1 soalnya itu 4-5 menit an? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, untuk waktu per sub tes online sudah ku cantumkan di atas dan waktu tersebut bukan waktu per soal melainkan keseluruhan ya.

      Jadi, jawabannya, iya rata" 4-5 menitan tapi itu per subtes (15-17 pertanyaan).
      *kecuali untuk subtes kepribadian

      Hapus
  26. Apakah butawarna parsial bisa memilih program PPA atau ppti

    BalasHapus
    Balasan
    1. setauku jika buta warna, masih bisa mengikuti PPA ((skrg PPBP)). Namun untuk PPTI tidak bisa. cmiiw

      Hapus
  27. Halo kak

    Makasi udh mau berbagi pengalamannya, sangat menginspirasi.

    Sukses selalu kak & God bless 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali, sukses slalu juga ya

      Hapus
  28. Halo kak mau nanya.. semalam saya ikut tes online.. setelah itu langkah selanjutnya saya lakukan apa kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, langkah selanjutnya yg harus kamu lakukan adalah bersabar utk menunggu hasil/ undangan tahapan tes selanjutnya. jangan lupa sering" cek email ya

      Hapus
  29. Halo kak saya mau tanya lagi. Ketika sedang mengikuti seleksi beasiswa bca, apa boleh ikut seleksi universitas/beasiswa lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, kalo selama seleksi setauku boleh buat backup plan. Yg ga boleh adalah ketika kamu sudah ttd kontrak namun kamu ketahuan menerima program beasiswa lain

      Hapus
    2. Oke, terima kasih kak. Dan untuk mengisi nilai rata2 raport itu jika nilainya itu bilangan desimal ditulis di kolomnya sesuai yg seprti itu, atau nilai yg sudah dibulatkan kak?

      Hapus
    3. desimal

      panduan informasi pengisian form pendaftaran bisa diakses di laman resmi BCA :

      https://karir.bca.co.id/info-artikel/informasi/panduan-pengisian-formulir-beasiswa-bca

      Hapus
  30. Kak, maaf mau tanya lagi. Untuk organisasi yg pernah diikuti itu wajib ada sertifikatnya tidak? Soalnya ada yg tidak ada sertif nya kak? Dan apakah mengisi bagian kolom organisasi apakah wajib kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Setauku gapapa klo gaada sertifikatnya.
      2. Kolom organisasi tidak wajib untuk diisi. Jika punya, cantumkan. Jika tidak, kosongkan gamasalah.

      Hapus
    2. Ok terima kasih kak untuk jawabannya:))

      Hapus
  31. Halo kak, izin bertanya apakah dalam tes psikotes apakah ada tes menghitung balok tersembunyi, wartegg dan kraeplin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, utk soal menghitung balok tersembunyi ada, namun tes wartegg dan kraeplin/tes koran itu ditiadakan untuk seleksi secara full online

      Hapus
    2. Tes balok tersembunyi itu seperti gimana ya ? Untuk tes psikotes kita harus belajar apa aja ya kak?

      Hapus
  32. Kak, boleh diceritakan dulu waktu tes menggambar, kakak dulu menggambar pohon apa dan orang yg sedang beraktivitas apa?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. seingetku, aku dulu menggambar pohon apel dan orang yg sedang berangkat kerja

      Hapus
  33. Mau nanya kak, kalau kita harus nya ikut tes online psikotes tapi karena kita terlambat mengirimkan berkasnya apa akan diundang kembali untuk tes psikotes onlinenya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga kurang tau terkait hal tsb krn pihak vendor punya kebijakannya sendiri

      oleh karena itu, mengenai hal tersebut lebih baik dikomunikasikan/ditanyakan langsung kepada pihak vendor psikotes melalui email (( tercantum alamat email di undangan psikotes yg sebelumnya didapat))

      Hapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. hai kak, aku baru aja dapat email dari recruitment tapi katanya "anda tidak dapat diproses lebih lanjut". apa yang ga lolos emg dikabari gini ya kak? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, sejauh yg aku tahu, iya. Isi email peserta yg belum bisa diloloskan memang seperti itu

      tapi tetep semangat ya, mungkin memang belum rejeki. masih banyak jalan lain menuju kesuksesan yg aku percaya akan kamu dapatkan secepatnya

      Hapus
  36. Kak mau tanya. Kan saya dapet email tes online, tapi saya gamau lanjutin. Itu kalo misal saya ga datang, otomatis batal sendiri kan pemdaftaran sayw?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Tapi kalo misal kita sudah jadi mahasiswa di univ lain, kita ttp boleh ikut proses seleksinya ga kak?

      Hapus
    3. 1. iya klo kmu gak ngakses tes onlinenya maka kamu dianggap mengundurkan diri

      2. boleh kok

      Hapus
  37. kak apakah beasiswa bca ini full tidak dipungut biaya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab,
      iya full tdk dipungut biaya

      Hapus
  38. Kak mau tanya, untuk psikotes online nya kertas hvs beratnya apakah harus 70 gsm?klo 80 apa boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masalah berat sih menurutku ga masalah ya, yg penting ukuran hvsnya sesuai dg yg diminta pihak vendor.

      konfirmasi lebih pasti bisa dikomunikasikan dengan observer psikotes di grup masing masing ya

      Hapus
  39. Kak, saya mau tanya. Kalau saya pernah dapat tk, sdnya paket A, pernah dpt les mtk dan bing selama beberapa waktu, SMP swasta, sma Negeri, itu masih bisa diterima utk dpt beasiswa ga kak? yang SD saya paket A itu bakal dipermslhin gak kira-kira?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, setauku persyaratan utama yg tertera saat ini adalah rapor SMA. Jadi, menurutku masih bisa daftar kok.

      untuk masalah dipermasalahin atau enggak, aku gak bisa jawab karena aku bukan pihak recruitment tapi menurutku ikutin aja dulu proses seleksinya ya. semangat

      Hapus
  40. Halo kak. Permisi saya mau tanya tentang built-up question (pertanyaan lanjutan) pada saat interview 2 waktu itu contohnya seperti apa ya kak? Terus waktu awal pendaftaran kan milih lokasi tes tuh kan, nah tahapan seleksi yg offline cuma MCU aja selebihnya online kak? Terima kasih sudah menjawab 🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. semisalkan interviewer nanya "bagaimana metode kamu dalam belajar?"

      trus kita jawab "cara belajar saya adalah dengan merangkum materi."

      trus akan di built-up questionnya oleh interviewer. "memangnya metode kamu dalam merangkum materi bagaimana? Apakah setiap pelajaran metode rangkumannya akan sama? Lantas apakah metode belajar kamu efisien dan dapat membuat target prestasimu tercapai?"

      intinya built-up question itu : pertanyaan yg akan ditanyakan interviewer dari jawaban yg kamu lontarkan sebelumnya

      Hapus
    2. 2. untuk tahunku, iya, full online kecuali untuk medical checkup.

      namun untuk proses seleksi angkatan 2022 aku kurang tahu, karena bisa saja tim recruitment mengubah bentuk proses seleksi kembali apabila keadaan sudah memungkinkan untuk offline.

      pokoknya tetap terus cek email dan tunggu informasi mendetail terkait proses seleksi setiap tahapan krn info yang paling pasti adalah informasi yg berasal dari tim recruitment itu sendiri

      Hapus
    3. ok kak. oiyaa mau tanya lagi, maaf kalo kurang sopan. kakak punya prestasi ga waktu SMA? soalnya aku ga punya prestasi kek yg ikut lomba2 terus menang dapet sertifikat gituu :( pernah sekali sih ikut lomba tapi ga menang hehe. takut + bingung mau jawab apa semisal ditanyain prestasi, bisa kasih saran ga kak enaknya kalo ditanya gitu jawab apa ya? makasih 🙏🏻

      Hapus
    4. aku sering mengikuti perlombaan tapi gak semuanya menang gitu, malah bisa dibilang aku lebih banyak kalahnya daripada menangnya wkwkwk. Cuman harus ditekankan bahwa prestasi itu bukan cuman tentang menang lomba. Jika seperti yg kamu bilang—kamu pernah mengikuti perlombaan meskipun gak menang— itu juga bisa menjadi prestasi yg kamu punya. Kamu bisa menjawab dengan kalimat "prestasi saya selama SMA salah satunya adalah saya pernah dipercaya untuk mewakili sekolah saya dalam ajang perlombaan/olimpiade...."

      bukan cuman itu, bisa juga "saya dipercaya oleh warga sekolah untuk menjadi Ketua OSIS/MPK periode..." —menurutku, itu juga termasuk prestasi karena gak semua orang bisa mendapatkan kesempatan yg sama untuk mendapatkan hal² tsb. Jadi jangan bingung, yang terpenting jawablah dengan jujur karena pasti interviewer akan bertanya lebih lanjut atas jawaban yang akan kamu sampaikan nantinya. Semangat ya

      Hapus
  41. Halo ka saya mau izin bertanya, untuk tes psikotes bagian numerical apa kita diperbolehkan pakai kalkulator atau alat bantu hitung lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, selama proses seleksi tidak boleh menggunakan alat bantu apapun ya kecuali diinstruksikan oleh observer saat psikotes

      Hapus
  42. Hi ka permisi saya mau nanya untuk soal angka atau numerikal itu apakah soalnya hanya berbentuk deret angka atau ada campuran seperti grafik ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, utk tes onlin seingetku gaada soal yg make grafik kok. kebanyakan soalnya berbentuk cerita (hitung² an matematika dasar), sisanya deret angka/pola bilangan

      Hapus
  43. Halo ka aku mau nanya, kan misalnya ada pertanyaan dari interviewer apakah kamu pernah mencontek atau tidak? Nah itu kita jawab nya sebaiknya gimana ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pastinya jawablah dengan jujur. Kalo pernah, jawab pernah. Kalo enggak, jawab tidak.

      Jika jawabanmu pernah, interviewer pasti akan bertanya "mengapa kamu melakukan itu?" dan jawaban dri pernyatan tsb yg bisa jawab ya diri kamu sendiri. Jujur aja gapapa. Tapi jangan lupa, setelah menjelaskan alasanmu, berikanlah pernyataan yg menunjukan intensimu untuk berusaha menjadi pribadi yang lebih baik lagi nantinya. Menurutku sih seperti itu

      disclaimer :
      sekali lagi, aku bukan tim recruitment. Apa yang aku sarankan di sini murni dari pendapatku sendiri, karena setiap interviewer pastinya punya penilaiannya sendiri. Jadi, jangan terlalu terpaku dengan pendapatku

      Hapus
  44. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  45. Halo kak, sebelumnya saya berniat ingin mengikuti program beasiswa ini, ijin bertanya di form pendaftaran ada kolom lokasi tes, nah lokasi tes yang di maksud itu apa ya kak? soalnya kotaku tidak tercantum

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, jika kotamu tidak tercantum, pilihlah lokasi kota terdekat dengan domisilimu ya.

      info lebih lanjut dapat dicek di:
      https://karir.bca.co.id/info-artikel/informasi/panduan-pengisian-formulir-beasiswa-bca

      Hapus
    2. satu lagi kak hehe, saya punya pengalaman organisasi OSIS tetapi itu saat SMP apakah bisa dimasukin di form bagian organisasi kak?
      Terima kasih kak sebelumnya sukses selalu.

      Hapus
    3. sepengalamanku, klo dulu, aku tetep masukin pengalaman organisasi SMP-ku sih. Cuman pas interview, yg dibahas oleh interviewer hanya pengalaman organisasi dan prestasi saat SMA doang

      Hapus
    4. Terima kasih kak sharingnya semangat menjalani programnya!

      Hapus
  46. Kak mau tanya,sekarang kuliahnya online atau offline?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. programku baru akan dimulai mid juli/awal agustus—tpi sejauh ini infonya masih online

      Hapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Siang kak, aku mau tanya. Aku daftar beasiswa bca tetapi email yang masuk untuk undangan online assessment adalah "Yth, peserta Magang Bakti ....." itu bagaimana ya, kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, menurutku coba kamu tanya/konfirmasi lewat email tim recruitmentnya bahwa kamu mengikuti program beasiswa PPBP/PPTI BCA bukan magang bakti karrna sepertinya tim recruitment salah mengirimkan email untukmu

      Hapus
    2. sore kak, terimakasih sudah menjawab pertanyaanku. aku sudah bertanya kepada tim recruitment via email tadi

      Hapus
  49. Permisi kak, saya mau bertanya, jika saya selama SMK mendapatkan ranking 1 dari kelas 10 hingga kelas 11 apakah bisa mendaftarkan beasiswa ke BCA ? Saya pernah tidak naik kelas di kelas 1 SD, tapi saya ingin sekali bisa ikut beasiswa ini karena saya memiliki nilai rapot yang bagus, mohon pertimbangan nya ya kak 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, setauku tidak bisa, karena dalam kualifikasi atau persyaratan utk mendaftar PPBP/PPTI BCA tercantum bahwa "Tidak pernah tinggal kelas dari SD-SMA/SMK"

      Hapus
  50. Permisi kak, saya ingin bertanya. Untuk Beasiswa BCA Tahun Ajaran 2022, akan diadakan dari bulan apa ya kak? Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permisi kak, saya ingin bertanya kembali. Untuk calon peserta beasiswa BCA yang berada di luar Pulau Jawa, apakah biaya transportasi ditanggung juga oleh BCA ya kak?

      Hapus
    2. 1. biasanya akan diadakan sekitar bulan juli/agustus—jadi kemungkinan program akan dimulai sekitar bulan juli/agustus 2022

      2. jika program dilaksanakan scr offline, biasanya pihak BCA pasti akan membelikan tiket transportasibbagi peserta yg domisilinya jauh dari tempat pembelajaran program—BCA Learning Institute, Sentul.

      Hapus
  51. Kak mau nanya, untuk wanita berhijab diperbolehkan atau tidak ya?

    BalasHapus
  52. Kak mau tanya, saya tidak mendapat email setelah pendaftaran berhasil dilakukan apa saya salah memasukkan email?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, dulu tahunku emng ada email konfirmasi stlh pendaftaran berhasil tpi semenjak website karir bca diperbarui, para peserta gak mendapatkan email konfirmasi lagi stlh mendaftar

      jadi, tunggu aja. nnti akan lgsung mendapatkan email assesmen online

      Hapus
  53. Kak mau tanya, karena adanya pandemi, bagaimana cara kuliahnya yah ka? Online atau offline?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama pandemi perkuliahan dilakukan secara online

      Hapus
  54. Kak, sudah semingguan tapi saya belum mendapatkan email setelah pendaftaran. Apa memang selama ini kak?

    BalasHapus
  55. Kak kalau saya sudah di terima di PTN apakah saya bisa mengambil PPTI untuk bisa menambah pengalaman dan wawasan saya. Makasih, kebetulan jurusan di PTN saya kurang terlalu saya minati

    BalasHapus
  56. kak buat anak kuliah bisa kah?

    BalasHapus
  57. kak selamat malam , mau nanya nih , bagian interview ifo ,interview 1 , dan interview2 itu bakalan ditanyain apa aja ya kak? apakah tentang personal atau mungkin kehidupan sekolah kak? atau bukan keduannya kak?

    terimakasih kakk.. :)

    BalasHapus
  58. halo kak, mau tanya
    untuk daftarnya harus udah pas kelas 12?

    BalasHapus
  59. halo kak mau tanya, kira2 untuk psikotes materi apa ya yang banyak keluar ?

    BalasHapus
  60. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  61. ka untuk unggah foto, apakah hrs pake foto formal kyk pake kemeja?

    BalasHapus
  62. Keren banget.. selamat sudah diterima.. semoga saja menginspirasi siswa siswi lain yg ingin dpt beasiswa dari BCA

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. kak, selama kuliahnya ada syarat IPK harus >3,5 gak?

    BalasHapus
  65. Ka, saya masih kelas 11 tahun ini, berrti saya dftar pas kelas 12 ya?
    Thun 2022 saya naik kelas 12, dn itu saya dftar untuk 2023 ya?

    BalasHapus
  66. Kak mau tanya, klo pas kelas 12blm lulus ikut tes tapi ga lolos. Tahun depannya masih bisa ikut kak?

    BalasHapus
  67. kak aku mau tanya2 tp via sosmed bisa?

    BalasHapus
  68. Kak mau nanyak daya tampung tiap jurusan itu brapaan kak?
    Trimakaasih kak e...heheh

    BalasHapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  70. Selamat malam kak,izin tanya.
    Setelah melaksanakan asesmen online,lalu berapa lama kita harus menunggu email untuk pemberitahuan lolos tidaknya kak?

    BalasHapus
  71. kak kalo ngga punya prestasi selama sma berarti jujur aja ya kalo gak punya?

    BalasHapus
  72. Halo kak, mau bertanya, medical check up dilaksanakan dimana ya?? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  73. Kak, kalau sudah di email oleh pihak bca mengenai interview tp terlewat bagaimana ya kak? Apakah mungkin akan bisa reschedule? Terlewat 3 jam dr hari h nya

    BalasHapus
  74. Kak mau tanya, jika selama prestasi sekolah, saya mengikuti lomba di luar sekolah apa itu bisa dimasukkan saat nnti Wawancra kak?

    BalasHapus
  75. halo ka. izin bertanya untuk tes online jika tidak bisa mengisi semuanya apa tidak papa?. karena saya sudah berusaha untuk mengisi semuanya tapi 4 sampai 5 nomor tidak terjawab karena waktu yang cukup singkat

    BalasHapus
  76. Hai ka, boleh tau ngga gambaran soal tes onlinenya, soalnya besok mau tes nih..

    BalasHapus
  77. Hai ka apakah ad pembayaran untuk medhical check ny?

    BalasHapus
  78. hai kak !
    makasih untuk cerita pengalamannya , aku mau nanya. kalo misalnya aku punya penyakit bawaan , itu ga bisa lolos di tes mcu nya ya?

    BalasHapus
  79. Halo kak, aku mau nanya pembelajrana atau kegiatannya pas udah di terima atao pas interview nya pake bahasa inggris atao indonesia ya ?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer